Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
a. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.
b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
c. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Dari uraian diatas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi, dan metode bahkan sepertinya dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Sifat dan maksud organisasi metode pelayanan terhadap manajer dan administrasi yang berusaha memajukan pekerjaan mereka atau tata kerja yang dipergunakan dalam rangka pencapaian efisien yang maksimal pada organisasi.
Dari sifat dan maksud organisasi dan metode dapatlah dipahami ruang lingkup organisasi dan metode adalah menyangkut bidang-bidang khusus dari organisasi dan manajemen yang detail dan luas scopenya.
Adapun kegiatan-kegiatan yang temasuk kedalam scope organisasi & metode adalah sebagai berikut :
1. Anilisis organisasi (organization analysis).
2. Komunikasi dalam organisasi (communication in the organization).
3. Tentang tata kerja, prosedur kerja dan system kerja
4. Pentingnya feeling dari segi organisasi & metode
5. Pentingya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen
6. Pentingnya formulir dari segi organisasi dan metode
7. Pendayagunaan mesin kantor (office machine).
8. Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor
9. Pentingya tata ruang kantor dan perencanaan penyusunan ruangan kerja
10. Pentingnya penulisan laporan dalam organisasi & metode
11. Pentingnya buku pedoman kerja
12. Pentingnya organisasi & metode anggaran kerja
13. Analisis kepegawaian
14. Pentingnya penyederhanaan kerja
15. Organisasi unit organisasi & metode
16. Kesimpulan akhir (final conclusion)