Rasanya sulit sekali untuk memberantas korupsi di negeri ini, karena indonesia dalam kondisi yang darurat korupsi tanpa kerja sama semua pihak pemberantasan korupsi yang telah menjadi komitmen pemerintahan SBY hanya akan berhenti pada level wacana saja. sehingga Kelumpuhan signifikan sebuah bangsa akan terjadi ketika korupsi telah menjadi bagian melekat dalam sistem kehidupan berbangsa. korupsi merupakan kejahatan luar biasa, maka pemberantasannya pun harus dengan langkah-langkah luar biasa, yakni dengan langkah-langkah cerdas, rasional dan berjuang maksimal dalam menemukan kerangka hukum yang kuat. Korupsi harus ditangani dengan ketegangan yang tinggi dan pilihannya menjadi baik atau tertangkap dan fatal bagi keluarganya. Selama persepsi bahwa kalau ketangkap sial saja dan semuanya bisa diantur kembali dengan membagi hasil korupsi maka sulit berhasil. Apalagi penahananya pun dibeda bedakan serta menjadi bahan pembicaraan tersendiri yang membuat keraguan masyarakat, tentang kesungguhan pemberantasan korupsi itu sendiri.untuk itu Marilah , kita melihat bahwa pemberatasan korupsi ini adalah pintu bangsa Indonesia untuk mencapai cita cita bersamanya sehingga tidak ada pilihan lainnya kalau mau mundur dan berpendapat masih banyak jalan lain menuju Indonesia yang lebih baik.

Jika merasa lebih baik berdoa , silakan berdoa saja supaya negeri ini selamat

Jika merasa harus segera berpendapat dan berdakwah silakan lakukan

Jika merasa harus bertindak sekaranglah saatnya bertindak.

Sekali lagi marilah dilakukan dengan semangat supaya masa depan Negara dan bangsa Indonesia lebih baik lagi dan kita menjalankan ajaran yang kita yakini supaya rahmat Allah yang maha kuasa itu semakin memberikan hidayah, lindungan dan petunjuk sehingga bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan kecintaan kita semua kepada saudara sebangsa dan setanah air ini. Membiarkan korupsi terjadi sama saja dengan mencelakakan saudara kita yang belum beruntung sehingga celaka akibat kemiskinannya disisi lainnya mencelakan para koruptor itu sendiri yang juga saudara kita sebangsa dan setanah air sehingga dikenai siksa dan hukuman yang pedih.

Oleh karenanya semangatnya haruslah dalam kerangka menyelamatkan semuanya bukan karena hal lainnya. Dan keadaan indonesia tanpa korupsi adalah pengangguran berkurang, tindak kejahatan juga ikut berkurang, kesejahteraan rakyat terjamin dan lain-lain