Tujuan review film I robot : untuk melihat adanya hubungan antara manusia dan komputer.

Film ini mengisahkan tentang kemajuan teknologi robot pada tahun 2035 dimana robot itu berjalan atas perintah atasan (manusia) yang memiliki 3 aturan yang berlaku dan harus dipatuhi yaitu :
(1). Robot dilarang membunuh manusia atau robot dilarang mengajak manusia untuk untuk melakukan kejahatan.
(2). Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh atasan, yaitu manusia selama tidak menyalahi aturan pertama.
(3). Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan aturan pertama dan kedua.

Dalam film I Robot, Terdapat suatu alat canggih di USR yang dinamakan dengan VIKI. VIKI merupakan Kecerdasan Kinetic Interaktif Virtual, yang dirancang sebagai system perlindungan. Bisa dikatakan VIKI merupakan otak dari system robot yang diciptakan. Selain itu dikenal pula istilah nanite, berbentuk seperi cairan di dalam tabung, jika disuntikan ke otak system akan mempengaruhi semua system yang ada. hidup manusia seakan-akan lebih mudah karena peradaban tinggi (highcivilization) melahirkan teknologi tinggi (high tech),komunikasi global (global communication), digitalisasi, cloning, rekayasa genetika, dan teknologi informatika.

Sudut pandang film tersebut dalam interaksi manusia dan komputer yaitu kecanggihan dimana tahun 2035 memiliki 1ooo robot yang terdiri rangkaian hardware, software dan brainware seperti manusia bahkan diprogram yang hampir mirip dengan manusia, yaitu memiliki panca indera. Tidak ada keterbatasannya interaksi antara manusia dan komputer dengan manusia dan benda mati.

Komentar tentang film “I,ROBOT” dalam hubungan interaksi manusia & komputer
Adanya perkembangan dunia teknologi yang canggih, robotpun diciptakan tanpa dikendalikan oleh sistem misalnya sebuat remote. Robot dapat mengerti bahasa manusia, apapun yang diperintahkan anusia (majikan/ atasan) akan dimengerti oleh Robot karena memiliki fungsi yang hampir menyerupai manusia yaitu panca indera terutama di brain. Sehingga robot menjadi suatu kebutuhan manusia baik dalam rumah tangga, bisnis, militer, bahkan di bidang olahraga. teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Bisa juga sangat merugikan manusia, dan merusak kehidupan manusia jika terjadi kekacauan pada system. Selain itu dampak dari segi social ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya rasa saling ketergantungan sesama manusia.

Tetapi di sisi lain kita dapat memetik sebuah pelajaran tentang film ini, agar kita tidak merasa ketergantungan terhadap robot sehingga segala kebutuhannya dimudahkan. Jika kita ingin menciptakan robot, kita harus mengendalikan mereka, bukan komputer yang bekerja sendiri dengannya agar tidak berakibat fatal jika robot dikendalikan oleh komputer.