1. Cintai pekerjaan mu

CINTAILAH PEKERJAANMU, TAPI JANGAN PERNAH JATUH CINTA KEPADA PERUSAHAANMU, KARENA KAMU TIDAK PERNAH TAHU KAPAN PERUSAHAANMU BERHENTI MENCINTAIMU

Jika kita mencintai pekerjaan kita, maka semangat dan motivasi akan timbul untuk berusaha keras mencapai sesuatu yang kita inginkan, sehingga kita enjoy menjalankannya. Tetapi bila sebaliknya, maka malas lah yang kita dapat. Misalnya Sama hal nya dengan kita dengan mempelajari mata kuliah matematika, kita harus mencintai pelajaran matematika terlebih dahulu untuk dapat memahaminya akan tetapi jika kita tidak mencintai pelajaran tersebut kita akan sulit untuk dapat memahaminya. Maka dari itu kita harus mencintai segala apapun untuk bisa memotivasi kita untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan

2. Kerjakan yang penting dahulu
Merupakan Prioritas dalam bekerja bukan nya Procrastinate (menunda) kerjakan tugas paling penting dulu meski itu tidak mengenakan. Sebab setelah itu selesai kita akan puas dan dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lain dengan lebih mudah sebab kita merasa jika yang berat saja selesai pasti yang mudah akan selesai juga. Jika urutannya dibalik (seperti kebiasaan kita secara natural) kita akan mengalami banyak kesulitan. dengan terlalu berpikir lama dan banyak melakukan pertimbangan hanya akan membuat kita terus menunda hal-hal yang harus diselesaikan. Mulailah dan jangan berhenti sebelum selesai. Jangan pernah menunda lagi mulai sekarang.

3. Bekerja secara intensif
Maksudnya adalah focus dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cara kontinuitas ,Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai dan mendapatkan hasil yang signifikan . Jika menyelesaikan pekrjaan belum sampai tuntas kemudian mengerjakan tugas yang lain maka tugas-tugas yang lainnya akan terbengkalai dan tidak akan mendapatkan hasil yang signifikan.

4. Jangan malu bertanya
Bertanya merupakan awal dari adanya suatu komunikasi. Akan tetapi saat ini makin banyak orang yang merasa risih, malu untuk bertanya. bahkan ada juga yang mencaci maki jikalau kita banyak bertanya. dan bisa jadi karena pepatah yang di tambahi embel-embel “banyak bertanya memalukan” itu lah yang bikin kita enggan untuk bertanya. kita takut dicap bodoh, norak, kampungan, pertanyaannya gak bermutu, cerewetlah, hanya karena banyak bertanya. makin lama bertanya menjadi hal yang berat yang harus dilakukan. padahal bertanya kan gratis, bahkan bisa mengusir serta menjawab rasa penasaran kita terhadap hal-hal yag kita anggap masih awam. kita malu dianggap bodoh dan mau dianggap pintar, namun pada kenyataannya kita tidak bisa apa-apa. kita menjadi pribadi yang seolah-olah tahu segala-galanya padahal otak kita nol, kosong. bertanyalah! karena itu kebiasaan yang baik. tak perlu menutup diri untuk bertanya dan ditanya. karena dengan bertanya apa yang masih gelap atau sayup-sayup terdengar menjadi jelas dan terang. dan jangan ragu untuk membagi ilmu serta penjelasan buat si bodoh. karena dengan demikian justru kita semakin mengerti dan memahami apa yang sudah kita ketahui. jangan sok hanya karena mengetahui sesuatu lantas malas membagi dengan yang lainnya.
francis bacon salah seorang filsuf inggris menulis begini ” he that thinks himself the wisest is generally the greates fool” yang artinya ia yang berpikir bahwa dirinya adalah orang yang paling bijak biasanya adalah orang yang paling bodoh”.
dengan bertanya kita mendapatkan pengetahuan selain dengan membaca dan mendengar penjelasan. pokoknya, jangan biarkan diri kita tenggelan dalam ketidaktahuan hanya karena malu dan malas bertanya. jangan biarkan kita dilingkupi rasa penasaran yang tak berujung.

5. Refreshing
Setelah melaksanakan pekerjaan kita pasti menemukan titik jenuh, refreshing adalah jawaban yang tepat untuk mengatasinya. Refreshing terdapat bermacam-macam misalnya istirahat, jalan-jalan, melakukan hobi dan lain-lain. Untuk saya pribadi biasanya refreshing dengan melakukan hobi. Akan tetapi perlu anda ingat, jangan terlalu asik refresing sehingga melupakan pekerjaan anda.

6. Berdoa
Setelah kita berusaha semaksimal mungkin tidak lupa kita untuk beribadah dan berdoa. Ini merupakan prinsip yang paling penting dalam kehidupan selain berusaha, Dengan kita beribadah dan berdoa kita dapat mendekatkan diri kepada NYA untuk meminta restu dari tuhan agar pekerjaan anda berhasil.

Dengan menjalankan keenam prinsip ini insya allah kita mendapatkan kesuksesan di kemudian hari.

SELAMAT MENCOBA