BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di era reformasi seperti sekarang ini internet merupakan salah satu kebutuhan yang harus tersedia. Sifat dari internet yang fleksibel telah disadari oleh pengguna. Informasi adalah salah satu kata kunci pada zaman ini. Akhir-akhir ini perkembangan aplikasi Web semakin pesat, ditambah dengan kemunculan penerapan aplikasi Web dalam bidang pembelajaran online yang dinamakan E-Learning.
E-Learning (Electronic Learning) merupakan suatu metode pembelajaran jarak jauh lewat media internet, atau dikatakan sebagai teknik pembelajaran online. Dengan cara ini, maka para siswa/mahasiswa dapat mengakses semua pelajaran yang disediakan tanpa harus bertatap muka dengan pengajar.

1.2 Batasan Masalah
Berdasarkan masalah yang telah dikemukakan, maka masalah yang di angkat adalah merancang sebuah web e-learning mata kuliah interaksi manusia dan komputer dengan materi sistem bersensor ganda dan CSCW yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran tatap muka (dalam kelas). Aplikasi E-Learning ini berisi materi-materi serta soal-soal yang dapat digunakan untuk pembelajaran online.

1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk merancang sebuah web E-Learning Mata Kuliah Sistem Informasi Akutansi yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran, mempermudah, dan menghilangkan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Manfaat yang diharapkan adalah memberikan sumbangsih dalam perkembangan ilmu pendidikan dan mendukung proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Dalam sistem ini, pendidik dan peserta didik tidak perlu bertemu dalam tempat (kelas) dan waktu tertentu sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara penuh dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

1.4 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ilmiah ini adalah menggunakan pendekatan metode SDLC (Software Development Life Cycle) menurut McLeod, 2007.
Fase identifikasi, pada fase ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada, yaitu melihat bagaimana orang tua dalam mengajarkan anak – anaknya berhitung.
Fase analisis, pada fase ini penulis mengumpulkan, membaca dan mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan jarimatika. Mempelajari tentang bahasa pemrograman Moodle dan adobe flash CS4. Selain itu, penulis juga mencari bahan dan materi dari internet yang berhubungan dan mendukung penyusunan penulisan ilmiah ini.
Fase perancangan, pada fase ini ialah merancang tampilan aplikasi, yaitu tampilan animasi pembuka program, tampilan input dan output program, kemudian merancang struktur navigasinya.
Fase uji coba, Penulis melakukan uji coba terhadap rancangan aplikasi tersebut kepada para sebagian user, agar mendapatkan masukan atau kekurangan dari pengujian awal. Uji coba dilakukan untuk melihat perkembangan terakhir dari aplikasi yang dibuat.
Fase Implementasi fase ini mengimplementasikan seluruh rancangan yang telah dibuat dalam fase perancangan yaitu membuat program dengan tampilan yang menarik.

1.5 Sistematika Tulisan Ilmiah
Sistematika tulisan ilmiah ini dimaksudkan untuk dapat memberikan garis-garis besar mengenai isi Penulisan Ilmiah secara ringkas dan jelas, sehingga menggambarkan keterkaitan antara bab dimana masing-masing bab akan dibagi antar sub bab secara rinci yang diuraikan sebagai berikut :
Bab I, merupakan bagian pendahuluan yang memuat latar belakang, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II, merupakan bagian landasan teori. Menjelaskan tentang bahasan mengenai jarimatika, E-Learning serta aplikasi yang mendukung dalam pembuatan E – Learning ini seperti Moodle, Adobe Flash CS4, PHP, MySQL.
Bab III, merupakan bagian analisis dan perancangan. Menjelaskan analisa yang terkait dengan penelitian yang dibuat, antara lain uraian tahapan pembuatan, penelitian, sampai uji cobanya, struktur navigasi, dan desain halaman.
Bab IV, merupakan bagian Penutup. Berisi tentang kesimpulan dari hasil penelitian dan saran-saran yang ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan pengembangan penelitian.

Kemudian untuk bab II dan selanjutnya bisa di download di bawah ini :

Bab II

Bab III

Bab IV

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN